Jumat, 01 Maret 2013

Phobia dan Tahayul pada Angka



Kenapa banyak orang Asia timur menghindari angka 4? dan orang-orang barat tidak suka dengan angka 13? Berikut Penjelasannya.

Tetraphobia (Phobia Angka 4)

Tetraphobia adalah kekhawatiran atau ketakutan terhadap angka 4. Merupakan sebuah takhayul yang paling umum di daerah Asia Timur seperti Cina, Jepang, Korea, dan Taiwan. Kata bahasa Mandarin untuk empat (四, pinyin: sì, jyutping: sei3), terdengar sama dengan kata kematian (死, pinyin: sǐ, jyutping: sei2), dalam banyak bentuk bahasa Tionghoa. Juga, kata Tionghoa-Jepang dan Tionghoa-Korea untuk empat, shi (bahasa Jepang) dan sa (사, bahasa Korea), terdengar sama dengan kematian di setiap bahasa (lihat angka Korea dan angka Jepang).Perlakuan khusus bisa diambil untuk menghindari kemunculan angka 4 pada hari-hari libur, atau ketika seorang anggota keluarga sakit, khususnya dalam budaya Cina. Selain itu, 14, 24, dan lainnya juga dihindari karena kemunculan angka 4 di nomor-nomor tersebut. Ada juga kepercayaan yang bilang angka 4 bentuknya tajam dari segala arah jadi bisa bermakna penyakit atau kematian. Tapi, waktu admin kuliah dulu di salah satu kampus di Kebon jeruk yang mahasiswanya banyak warga Tioghoa, ada kok lantai 4 nya.


Triskaidekafobia (Phobia Angka 13)

Triskaidekafobia adalah sebuah rasa takut yang irasional akan bilangan 13. Kata triskaideka berasal dari bahasa Yunani: tris = 3, kai = dan, deka = 10. Hal ini sering kali dianggap sebagai takhayul. Ketakutan akan hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 disebut paraskavedekatriafobia atau friggatriskaidekafobia.

Asal-usul Phobia Angka 13 ini sampai sekarang tidak jelas. Konon di Dunia Barat ketakutan akan bilangan 13 dihubungkan dengan posisi ke-13 pada Perjamuan Terakhir Yesus, yaitu Yudas Iskariot, si pengkhianat.Ada juga yang bilang Kalau angka 13 itu mirip huruf "B" yang bisa bermaksud "Bad" (Buruk)



Fakta Unik Seputar Phobia angka

- Nokia, selalu menghindari angka 4 untuk semua penamaan produknya. Kecuali Os symbian 40

- Beberapa gedung tinggi di jakarta menamakan lantai 4 mereka dengan "3A". Begitupun angka 13 biasanya dilewatkan, jadi 12 langsung 14

- penelitian The Stress Management Center and Phobia Institute di Ashville, Carolina Utara diperkirakan Amerika Serikat menderita kerugian bisnis sebesar 800 sampai 900 juta dollar AS setiap hari jumat tanggal 13 karena sejumlah orang yang enggan bepergian atau bekerja pada setiap hari tersebut.


- Di tahun 2013 ini, Sistem Penomoran Plat kendaraan di Irlandia di rubah (biasanya dua angka pertama 11 artinya dikeluarkan 2011, dan seterusnya) karena Society of the Irish Motor Industry (Gakindo-nya irlandia) tidak setuju dengan penomoran "13" di pelat kendaraan karena dikhawatirkan bisa menggangu penjualan kendaraan akibat masalah tahayul ini. Pemerintah Irlandia akhirnya menggantinya dengan "131" untuk kendaraan yg diregistrasi pada 6 bulan pertama tahun 2013 dan "132" untuk yang diregistrasi setelah itu.
 

Kalo admin sendiri paling tidak suka pada angka antara 20 sampai 30 (Tanggal Tua)
 

Sumber : wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar